5 Rekomendasi Wisata Alam di Jogja Selain Pantai

April 22, 2022 0 Comments

Ingin menikmati udara segar dengan pemandangan alamnya yang indah bisa dilakukan dengan mengunjungi ke tempat-tempat wisata alam. Seperti air terjun, hutan, perbukitan, gua , puncak dan lain-lain.

Jogja juga memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Banyak pilihan yang bisa kamu coba. Jadi berwisata alam tak hanya ke pantai saja, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat ini yang ada di Jogja.

1. Hutan Pinus Mangunan

Salah satu wisata alam yang sedang hits dan banyak dipakai untuk hunting foto yaitu Hutan Pinus Mangunan. Hutan pinus yang ada disini tumbuh subur dan berderet rapi tak kalah dengan hutan-hutan yang ada di film luar negeri.

Dulunya kawasan ini merupakan tanah yang tandus, namun setelah di reboisasi dan ditanami pohon pinus sebagai hutan lindung , tempat ini juga dijadikan sebagai kawasan wisata.

2. Wisata Alam Bukit Nglanggeran

Sama seperti halnya dengan namanya , tempat wisata ini ada di Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul yang masih termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di bukit ini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan bukit serta pesona danaunya yang indah. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati spot wisata menarik disana diantaranya :

  • Danau romantis dan semakin malam makin terasa keromantisannya, danau tersebut merupakan danau buatan yang letaknya diatas bukit. Danau ini dibuat untuk menampung air saat musim penghujan.
  • Bukan hanya pesona danaunya saja yang bisa dinikmati keindahannya, pengunjung juga bisa melihat pesona pemandangan Gunung api purba Nglanggeran yang indah.
  • Menikmati pemandangan Gunung Bangos dan Gunung Kelir

Untuk bisa menikmati keindahan-keindahan tersebut, pengunjung harus berjuang dulu untuk mencapai bukit ini. Dengan melewati anak tangga yang banyak baru bisa menikmati keindahan tersebut.

3. Wisata Alam Grojogan Lepo Dlingo

Selanjutnya ada wisata alam Grojogan Lepo Dlingo yang merupakan air terjun eksotis. Pesona yang dimiliki sangat indah dan menarik. Pengunjung akan merasakan sensasi yang damai saat berada disini.

Ada empat tingkatan yang terdapat dalam air terjun ini. Selain itu bisa juga beremdam di bawah air terjun dan nikmati sensasi kesegarannya.

4. Kali Oyo

Kali Oyo atau juga banyak dikenal dengan Sungai Oyo memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu di kali ini pengunjung juga bisa melakukan rafting dengan seru. Sungai Oyo yang panjang menjadikan aktivitas raftingmu makin menyenangkan.

Saat melakuan rafting dengan menyusuri sungai ini , pengunjung akan dikejutkan dengan adanya air terjun. Air terjun tersebut tingginya mencapai 2 hingga 4meter yang berasal dari terjunan air dari Goa Pindul.

Jadi bagi kamu yang sebelumnya datang dari Goa Pindul maka bisa membeli tiket terusan agar bisa menikmati rafting di Sungai Oyo.

5. Hutan Mangrove Pasir Mendit Temon

Bagi kamu yang ingin mencoba berwisata alam ke hutan, bisa mencobanya dengan mengunjungi Hutan Mangrove Pasir Medit Temon.

Disini pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan alamnya yang hijau yang akan membuat mata menjadi segar kembali. Tempat ini sudah dibangun sejak 1989, akan tetapi baru terkenal saat ini karena banyak yang mengunggahnya di media sosial.

Dengan pepohonan yang berderet rapi dan dilengkapi dengan jembatan bambu yang berfungsi sebagai alas saat menyusuri hutan ini. Terlihat masih alami dan unik.

Jika kamu ingin menuju kesini maka langsung saja datang ke Dusun Pasir Mendit yang ada di kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo. Lokasi tepatnya ada di sisi Sungai Bogowonto.

Dari beberapa daftar wisata alam di jogja selain pantai di atas, ada juga wisata alam yang menarik untuk dicoba yaitu lava tour jogja.