Struktur Teks Persuasi yang Harus Diketahui

Juli 6, 2022 0 Comments

Pernahkah Anda membaca sebuah teks atau kalimat yang sifatnya promosi dan terdapat upaya mengajak si pembaca. Jika pernah maka itu termasuk salah satu teks persuasi.

Apa Itu Teks Persuasi ?

Persuasi sendiri memiliki arti mengajak, menyuruh, dan membujuk, sehingga teks persuasi adalah sebuah teks atau kalimat yang mampu membuat si pembaca mengikuti keinginan si penulis.

Mengenal Struktur Teks Persuasi

Teks jenis ini umumnnya terdiri dari beberapa bagian diantaranya, paragraf, teks dan juga beberapa gaya atau corak ekspresi dalam sebuah tulisan. Gaya argumentasi ini bergantung pada tujuan komunikasi yang hendak digunakan.

Inilah Ciri-ciri Teks Persuasi yang Harus Diketahui

Dalam teks persuasi memiliki beberapa ciri. Teks jenis ini juga paling mudah di identifikasi dari penggunaan bahasa dan istilah. Berikut 2 hal yang perlu diperhatikan untuk menentukan apakah teks tersebut persuasi atau bukan.

Pemakaian Kata Imperatif

Penggunaan kata imperatif menjadi salah satu ciri kental dalam sebuah teks persuasi. Kata yang memiliki sifat memerintah, menyatakan larangan atau kewajiban dalam melaksanakan sebuah aksi kata imperatif.

Terdapat Kata Penghubung Argumentatif

Ciri yang sering muncul dalam sebuah teks persuasi lainnya ialah Ita penghubung argumentif. Contohnya, sebagaimana, oleh karena itu, maka dari itu, dan akibatnya. Teks persuasi memiliki tujuan agar si pembaca benar benar tergugah.

Demikian informasi mengenai struktur teks persuasi yang perlu diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda dalam memperhatikan jenis teks yang terdepan di berbagai bacaan.