Penyebab Perut Kram Saat Hamil

Mei 13, 2022 0 Comments

Kehamilan adalah proses yang relatif sulit bagi wanita, terutama bagi mereka yang menderita perut kram selama kehamilan. Lantas apa penyebab perut kram saat hamil, dan bagaimana cara mengatasi perut kram saat hamil?

Penyebab Perut Kram Saat Hamil

Perut kram saat hamil merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi pada ibu hamil, yang disebabkan oleh :

Morning sickness

Pada tiga bulan pertama kehamilan, ibu hamil rentan mengalami morning sickness dengan gejala mual dan muntah.

Ketidakstabilan hormonal

Karena kehamilan, hormon progesteron pada seorang wanita cenderung meningkat secara tiba-tiba. Hormon ini berperan dalam memberi nutrisi pada janin di dalam rahim dan membatasi risiko keguguran, tetapi peningkatannya yang tidak normal dapat dengan mudah mengurangi motilitas usus, meningkatkan tekanan perut dan merangsang lambung. Akibatnya, perut cenderung mengeluarkan lebih banyak asam lambung, kontraksi berlebihan dan rasa sakit.

Pelebaran rahim

Selama kehamilan, rahim wanita akan mengembang untuk memberi ruang bagi janin untuk tumbuh dan menjadi agen yang meningkatkan tekanan intra-abdomen, menyebabkan iritasi pada saluran anus dan perut. Ini juga menjadi alasan mengapa banyak ibu hamil mengalami kram perut .

Kebiasaan makan

Lambung dan sistem pencernaan secara langsung dipengaruhi oleh kebiasaan makan. Jika jumlah makanan dalam setiap kali makan ibu hamil tiba-tiba meningkat, terlalu banyak makan buah asam, menggunakan obat perangsang, sering makan malam, dll, juga mudah menyebabkan perut kram saat hamil.

Ketegangan saraf

Karena kecemasan tentang kehamilan dan ketidakstabilan hormonal, banyak wanita hamil menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap stres, sehingga meningkatkan tekanan pada saraf otak-usus. Akibatnya adalah perut keram selama hamil karena kontraksi perut, penurunan buang air besar, dan sekresi asam lambung yang berlebihan.