Cara Mencegah Polusi Udara Di Rumah Terbukti Ampuh

Agustus 8, 2022 0 Comments

Perlu untuk diketahui bahwa polusi udara bukanlah hanya berasal dari asap kendaraan bermotor maupun pabrik saja. Namun juga bisa bersumber dari dalam rumah. Misalnya penggunaan pestisida, pembakaran sampah dan asap rokok. Tentunya jika hal ini tidak segera diatasi akan berdampak buruk terhadap kesehatan para penghuninya.

Cara Mencegah Polusi Udara Di Dalam Rumah

Pada dasarnya untuk mencegah polusi udara di dalam rumah bisa dilakukan dengan cara membuat ventilasi yang cukup di area dapur. Pasalnya di dapur cenderung menghasilkan asap dan uap yang banyak sehingga berdampak polusi pada tempat hunian. Namun tidak hanya itu saja masih banyak beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut ini.

  1. Membuang Sampah Yang Telah Busuk

tak jarang seseorang menyimpan bahan makanan berupa buah, sayur dan makanan di kulkas meskipun kondisinya sudah kadaluarsa. Tentunya jika semua makanan itu tidak segera dibuang bisa menyebabkan udara tercemar. Oleh karena itu jika makanan tersebut sudah membusuk jangan didiamkan berlarut-larut segeralah untuk membuangnya ke tempat sampah.

  1. Kurangi Penggunaan Bahan Kimia

penggunaan produk-produk pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia juga berdampak terhadap polusi udara di dalam ruangan. Hal itu dikarenakan produk-produk tersebut bisa menimbulkan bau yang cukup menyengat dan kandungan kimia dapat menyebar ke udara secara bebas. Di samping itu jangan pula untuk menyimpan pembersih berbahan kimia seperti pestisida di dalam rumah karena sangat membahayakan.

Demikianlah pembahasan singkat tentang beberapa cara untuk mencegah polusi udara di dalam rumah. Selain itu cara efektif yang terbukti ampuh untuk mencegah pencemaran udara di rumah yaitu bisa dengan menanam tanaman di sekitar rumah.