5 Manfaat Bermain Ayunan (Secara Aman) yang Wajib Kamu Ketahui

November 14, 2022 0 Comments

Sudah menjadi rahasia umum jika ayunan menjadi salah satu mainan anak yang paling digemari oleh semua kalangan. Tidak hanya seru karena bisa dimainkan bersama-sama maupun sendiri, nyatanya ayunan ini juga menawarkan 5 manfaat yang wajib kamu ketahui. Ada yang tahu apa saja manfaatnya? Keliman manfaat bermain ayunan (secara aman) tersebut adalah sebagai berikut ini.

5 Manfaat Bermain Ayunan yang Wajib Kamu Ketahui

  • Mampu Meningkatkan Koordinasi

Salah satu manfaat yang akan kamu peroleh jika membiarkan buah hati bermain ayunan adalah mampu meningkatkan koordinasi tubuh. Pernyataan tersebut juga didukung oleh seorang tokoh yang berasal dari Michigan State University AS. Dalam pernyataannya tersebut ia menyebutkan bahwa dengan bermain ayunan mampu mengembangkan gerakan koordinasi tubuh.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Pada dasarnya adanya gerakan maju mundur yang umum terjadi saat berayun mampu membuat buah hati belajar banyak tentang bagaimana cara untuk melakukan koordinasi dengan menggunakan gerak tubuh tangan, kaki, hingga matanya. Bahkan anak juga akan belajar bagaimana mempertahan dirinya agar tidak terjatuh saat mulai berayun.

  • Mampu Mengembangkan Sistem Sensorik Tubuh

Manfaat bermain ayunan (secara aman) lainnya yang akan kamu dapatkan jika bermain ayunan adalah mampu mengembangkan sistem sensorik yang ada dalam tubuh. Asal kamu tahu sistem sensorik adalah cara kerja otak manusia untuk bisa mengatur dan juga menafsirkan sebuah informasi. Salah satu cara terbaik untuk memacu sistem sensori tubuh adalah dengan bermain ayunan.

Mungkin banyak yang mulai bertanya-tanya bagaimana hal ini bisa terjadi bukan? Jadi hal ini bisa terjadi lantaran saat buah hati mulai berayun, maka ia mulai beradaptasi dengan sensasi yang berbeda dari sebelumnya. Adanya pengalaman seperti inilah yang kemudian mampu mempengaruhi buah hati untuk belajar dan sistem sensorik bisa berkembang lebih cepat.

  • Membantu Buah Hati Agar Tidur Lebih Cepat Tidur

Kelebihan lainnya adalah akan membuat buah hati lebih cepat tidur. Dengan adanya goyangan yang ada dalam ayunan tersebut akan merangsang buah hati agar lebih cepat tidur. Tidak hanya itu saja, nyatanya manfaat bermain ayunan (secara aman) tersebut juga akan membuat buah hati semakin rileks daripada biasanya.

Dengan rutin mengajak buah hati untuk bermain ayunan juga akan memberikan manfaat lainnya. Salah satu manfaat tersebut adalah membantu buah hati untuk bisa lebih cepat menghasilkan hormon melatonin pada saat rileks. Dengan adanya hal ini akan membuat buah hati lebih cepat tidur dan pastinya juga harus memaksanya memejamkan matanya.

  • Bagus untuk Anak dengan Autism

Manfaat lain yang akan kamu dapatkan jika  membawa buah hati untuk bermain ayunan adalah ia akan sangat bagus bagi mereka yang tengah mengalami autisme, gangguan integrasi sensori, OCD, kecemasan, dan tentunya juga bisa menghilangkan stress. Adanya hembusan angin yang diperoleh saat berayun maka mampu menenangkan mereka yang tangah tantrum.

  • Bisa Meningkatkan Kesadaran Spasial

Manfaat bermain ayunan (secara aman) lainnya yang akan kamu dapat jika mengajak buah hati untuk bermain ayunan adalah ia mampu meningkatkan kesadaran spasial pada anak. Langkah ini mampu membuat anak berlatih untuk menyeimbangkan beberapa gerakan canggung yang bisa saja membuat buah hati sering terjatuh. Dengan langkah mengajaknya bermain ayunan maka dijamin keseimbangan buah hati bakal terlatih.

Kesimpulannya bahwa ada lima kelebihan atau manfaat yang akan kamu temukan jika kamu atau buah hati bermain ayunan. Kelebihan tersebut antara lain adalah mampu meningkatkan koordinasi, mampu mengembangkan sistem sensorik tubuh, membantu buah hati agar tidur lebih cepat tidur, bagus untuk anak dengan autism, serta bisa meningkatkan kesadaran spasial. Anda bisa memiliki ayunan sendiri dengan membeli di jual ayunan anak.