Hal- Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pengaplikasian Lapisan Lantai Expoy Untuk Rumah

Juli 10, 2022 0 Comments

Tentunya faktor utama yang menyebabkan masyarakat Indonesia lebih memilih lantai expoy untuk rumah dikarenakan harganya yang terjangkau. Bahkan dikarenakan sangat murah pelapis jenis ini mulai dilirik sebagai para kontraktor untuk membangun perumahan atau residensial.

Apa Itu Expoy Untuk Lantai?

Expoy merupakan salah satu material yang memiliki fungsi sebagai pelapis untuk lantai jenis beton. Umumnya komposisinya terbuat dari mesin dan pengeras. Nantinya kedua komponen itu akan dicampur untuk dijadikan cat lapisan lantai.

Mana penampilan dari Expoy ini menyerupai plastik yang kaku dan transparan. Dengan teknologi yang ada di dalam lapisan ini mengakibatkan lantai terlihat lebih berkilau dan licin. Dikarenakan kelebihannya itu tak jarang dimanfaatkan untuk bangunan umum.

Bangunan umum itu meliputi bandara, restoran dan pabrik. Bukan hanya untuk lantai saja lapisan ini juga dapat diaplikasikan untuk seluruh bagian bangunan yang terbuat dari beton. Misalnya dinding dapur, langit-langit ruangan dan masih banyak lagi.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pengaplikasian Expoy

Faktanya untuk mendapatkan lantai  menarik tidak perlu mengeluarkan budget yang terlalu besar cukup dengan mengaplikasikan Expoy Pro. Perlu diingat proses pengaplikasiannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut.

  1. Pahami Terlebih Dahulu Perbedaan Expoy Flooring Dan Coating

Sebenarnya untuk membedakan dua jenis lapisan lantai itu tidaklah sulit. Dimana perbedaannya hanya terletak pada ketebalan pengaplikasian catnya saja. Untuk Expoy Flooring sediri harus diaplikasikan dengan ketebalan minimal 2 mili meter.

Sementara untuk jenis Expoy Coating pengaplikasiannya tidak boleh kurang dari 2 mm. Perlu diketahui bahwa ketebalan lapisan cat ini nantinya akan berpengaruh pada kualitas lantai. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa semakin tebal lapisannya maka semakin kuat pula lantai yang dihasilkan.

  1. Persiapkan Permukaan Dengan Baik

Sebelum melanjutkan proses mengecat menggunakan Expoy pastikan terlebih dahulu bahwa permukaan lantai dalam kondisi yang baik. Ciri-cirinya yaitu permukaan lantai rata, sudah melewati tahap Floor hardener dan pastinya dalam keadaan bersih.

Sebab jika permukaan lantai belum siap untuk dilakukan pelapisan maka secara otomatis akan menghasilkan kualitas yang kurang baik. Bahkan yang parahnya dapat menyebabkan kerusakan pada Expoy dan menyebabkan cat kurang merekat dengan sempurna.

  1. Mengenali Bidang Yang Akan Diaplikasikan

Pada dasarnya Expoy tidak hanya bisa diaplikasikan untuk jenis lantai beton saja. Namun juga untuk semua bidang seperti keramik, kayu, baja dan vinly. Meskipun begitu zat resin ini tidak boleh digunakan pada permukaan yang berbahan dasar plastik.

Hal itu dikarenakan syarat utama material yang bisa dilapisi Expoy harus memiliki permukaan yang kuat dan rata. Nantinya dengan pemberian zat resin ini bisa membuat permukaan bidang-bidang itu menjadi semakin kuat dan tahan lama.

  1. Waspada Terhadap Paparan Sinar Matahari

Meskipun faktanya pelapis ini dapat diaplikasikan untuk lantai yang berada di luar ruangan. Itu bukan berarti bahwa zat resin ini tidak membutuhkan perlindungan dan perawatan dari paparan sinar matahari.

Perlu diketahui bahwa efek yang ditimbulkan dari sinar matahari itu bisa mengubah warna kekuningan pada cat Expoy. Dengan begitu membuat tampilannya kurang menarik dan terkesan tidak terawat. Untuk mengatasi hal itu Pilihlah pelapis dengan warna yang gelap.

Pembahasan singkat  hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengaplikasian pelapis lantai Expo untuk rumah yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk merenovasi. Tentunya dengan memahaminya terlebih dahulu bisa menentukan strategi yang tepat demi mendapatkan hasil yang maksimal.