5 Lagu Daerah di Indonesia yang Diketahui Banyak Orang

September 5, 2022 0 Comments

Lagu daerah atau musik daerah merupakan aku atau musik yang berasal dari satu daerah tertentu yang menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Indonesia yang terdiri dari 34 provinsi tentunya memiliki banyak sekali lagu yang ada. Kita sebagai masyarakat Indonesia setidaknya harus tahu beberapa musik daerah yang ada di negeri kita ini.

Beberapa Musik Daerah dan Alasanya

  • Rek Ayo Rek

Siapa yang tidak kenal lagu lagu satu ini. Liriknya berbunyi ‘Rek ayo rek malaku malaku nang Tunjungan’. Terdengar tidak asing bukan? Iya, lagu ini merupakan lagu bahasa Jawa asal kota Buaya yaitu Surabaya.

Untuk para penduduk Jawa Timur pastinya sudah hafal dengan lirik dari lagu Rek Ayo Rek. Lagu daerah singkat ini memiliki nada riang dengan lirik yang pendek dan mudah dihafal. Biasanya, bagi para anak Sekolah Dasar lagu satu ini wajib untuk dinyanyikan dan dihafal. Lagu berbahasa Jawa ini berisi tentang ajak untuk berjalan-jalan di daerah Tunjangan.

Tapi tahukah Anda siapa yang menciptakan lagu riang satu ini? Beliau adalah Is Haryanto, pencipta lagu Rek Ayo Rek. Beliau adalah penyanyi, pemusik sekaligus pencipta lagu. Dikenal dengan lagu paling hits-nya yaitu ‘Semalam di Cianjur’ yang direkam pada tahun 1965.

  • Bengawan Solo

Lagu populer selanjutnya ialah Bengawan Solo. Sesuai dengan nama lagunya, lagu ini berasal dari kota Solo, provinsi Jawa Tengah. Lagu daerah Bengawan Solo ini diciptakan oleh seniman bernama Gesang pada tahun 1940. Lagu Bengawan Solo ini bercerita tentang aliran sungai Bengawan Solo.

Bengawan Solo sendiri adalah sungai besar yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di daerah Pegunungan Sewu, Wonogiri dan Ponorogo. Lagu legendaris ini juga terkenal di seluruh Asia semenjak diperkenalkan oleh para tentara Jepang pada jaman dahulu.

  • Suwe Ora Jamu

Lagu selanjutnya adalah lagu Suwe Ora Jamu yang diciptakan oleh R.C Hardjosubroto. Merupakan lagu yang berasal dari daerah Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Lagu ini begitu populer di Indonesia, bahkan orang Jawa Timur juga pasti sudah hafal dengan lagu satu ini.

Populer setelah dinyanyikan oleh penyanyi legendaris Waljinah, lagu ini berbahasa Jawa ngoko. Isi dari lagu daerah ini menceritakan tentang sekelompok teman  yang sudah lama tidak bertemu dan pada akhirnya mereka bisa bertemu. Lagu ini juga memiliki arti bahwa tidak semua hal akan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan.

  • Soleram

Lagu ini berasal dari daerah Riau, Sumatra. Lagu pendek ini ternyata memiliki arti yang sangat dalam. Lagu ini adalah lagu pengantar tidur yang berisi pesan orang tua kepada anak-anak mereka. Pesannya berisi menjaga kehormatan, harga diri serta pesan agar selalu mempertahankan malu sebagai budayanya. Pencipta dari lagu Soleram adalah Muhammad Arief.

  • Apuse

Apuse adalah lagu yang berasal dari daerah Biak, Provinsi Papua. Meski hampir semua orang hafal liriknya, masih ada banyak orang yang tidak mengerti apa arti dan isi dari lagu asal Papua tersebut. Lagu Apuse memiliki arti seorang cucu yang berpamitan kepada kakek dan neneknya, si cucu ini berniat untuk merantau ke Teluk Doreri yang berada di Manokwari.

Kita sebagai warga negara harus dengan baik menjaga peninggalan sejarah salah satunya adalah musik daerah. Meski biasanya hanya sering didengarkan ketika kecil, lagu-lagu tersebut masih bisa dinikmati di berbagai platform. Canggihnya teknologi sekarang memberikan manfaat, lagu khas daerah bisa didengar di aplikasi pemutar musik untuk pc atau juga ponsel.