Kemasan Produk adalah? Dan Langkah-Langkah Mendesain Kemasan Produk

September 5, 2022 0 Comments

 

Menurut penelitian Microsoft, rentang perhatian manusia terhadap suatu objek adalah 8 detik pertama. Oleh karena itu, kemasan produk sangat penting agar produk suatu industri atau bisnis dapat menarik perhatian calon konsumen. Lalu apa sebenarnya pengertian kemasan produk? Lalu bagaimana langkah-langkah mendesain produk yang menarik?

Kemasan Produk Adalah?

Kemasan produk adalah penampilan suatu produk dari luar yang tampak dari segi bahan, warna, gambar, dan font teks yang memberikan gambaran suatu produk yang ada di dalamnya.

Menurut Wikipedia, kemasan produk adalah bahan pengemas produk untuk digunakan menampung, mengawetkan, dan mengangkut sebuah barang.

Dari pengertian kemasan produk di atas, kemasan produk juga digunakan sebagai penyedia informasi dan berkotribusi besar dalam membangun sebuah brand atau merek. Karena kemasan produk akan memberikan pengalaman sensorik yang melibatkan pelanggan melalui penglihatan, sentuhan bahkan rasa.

Dengan adanya kemasan produk, pelanggan bisa memahami dengan jelas tentang produk tersebut, cara menggunakanya dan membuat keputusan pembelian.

Bisa disimpulkan bahwa kemasan produk itu seperti seseorang yang sedang menceritakan kisahnya agar membuat orang tertarik untuk mendengarkannya ( membeli ).

Ada beberapa contoh dari kemasan produk seperti Kemasan Dus Kosmetik, Hardbox, Kemasan Box, Dus Kemasan, Kemasan Makanan, Take Away Box, Catering Box, Box Kue dan Roti, Snack Box, Box Kue, Dus Martabak, Box Bakery, Box Jajanan, Kemasan Kebab, Kemasan Hot Dog/ Sosis, Kemasan Burger, Bungkus Kebab, Paper Tray, dan Corrugated Box.

Langkah-Langkah Mendesain Kemasan Produk

Ada 3 hal penting yang perlu dijawab oleh setiap pebisnis sebelum mulai mendesain kemasan produk, seperti :

1 Identifikasi produk

Pengusaha atau pebisnis perlu menentukan apa yang mereka jual, keunggulan kompetitif, ukuran produk, bahan apa yang terbuat dari produk yang dijual? Setelah mendapatkan jawabannya, para pelaku bisnis baru bisa mulai untuk membentuk ide-ide tentang pembuatan kemasan produk.

2. Profil pelanggan – Persona

Mengidentifikasi target pelanggan akan sangat membantu bisnis menggambarkan bagaimana desain produk nantinya dibuat. Untuk membuat profil pelanggan kamu bisa mengetahui melalui jenis kelamin, demografi, psikologi pelanggan. Sehingga nantinya desain kemasan produk bisa disesuai dengan selera dan preferensi pelanggan.

Contohnya, Produk yang ditujukan untuk pelanggan kelas atas akan membutuhkan kemasan produk untuk menciptakan kesan modern, mewah dan anggun.

3. Tempat pendistribusian produk

Kamu harus jelas: Apakah pelanggan cenderung membeli produk di supermarket, toko kelontong atau membeli secara online? Bisnis perlu memikirkan hal ini dengan hati-hati karena jika produk dijual secara online, pebisnis perlu memperhatikan isu-isu tertentu dibandingkan faktor-faktor yang membuat mereka menonjol untuk bersaing dengan pesaing pasar online.

Setiap bisnis akan memiliki strategi yang berbeda-beda dalam hal kemasan produk sebagai cara agar mereka lebih terlihat menonjol dan meningktkan penjualan. Sebagai startup/toko kecil, kemasan produk bisa menjadi investasi besar, jadi sebelum resmi meluncurkan produk baru jangan terburu-buru mencetak kemasan produk dalam jumlah banyak, kamu perlu menguji pasar terlebih dahulu, mengunjungi eksplorasi produk lain di pasaran, dan fleksibel untuk menyesuaikan selera dan keinginan pelanggan atau kebutuhan pasar.

Kriteria Penilaian Desain Kemasan Produk yang Menarik

1. Sederhana dan jelas

Pelanggan hanya akan menghabiskan waktu kurang dari 8 detik untuk melihat sebuah produk, sehingga kemasan produk perlu memiliki desain sederhana dan jelas untuk memastikan mereka bisa segera mengetahui untuk apa produk itu dan apa mereknya.

Informasi perlu lengkap, tetapi juga harus memastikan elemen yang ringkas agar konsumen bisa menerima informasi dengan cepat.

2. Unik

Ada ratusan produk sejenis di pasar yang bersaing untuk mendapatkan perhatian target pelanggan seperti yang kamu lakukan. Satu-satunya cara untuk memenangkan dalam persaingan adalah dengan merancang kemasan produk yang berbeda dan unik.

3. Usahakan Desain Menarik Perhatian

Produk kamu tidak akan berdiri sendiri saat tersusun di rak-rak di toko atau supermarket. Oleh karena itu, kemasan produk kamu buat perlu didesain untuk menarik perhatian pelanggan dari jauh dan sehingga membuat mereka untuk tertarik mendekat ke rak.

Untuk melakukan ini, kamu perlu bereksperimen dengan meletakkan kemasan produk di rak yang sebenarnya. Semakin menarik desain kamu di rak toko, maka semakin banyak keuntungan dan pentingkatan penjualan yang didapatkan.