Dokumen Yang Perlu Dipersiapkan Ketika Mengirimkan Barang Menggunakan Jasa Cargo Jakarta Ke Padang

September 9, 2022 0 Comments

 

Pengiriman barang dari Jakarta ke Padang menggunakan jasa cargo kontainer saat ini banyak diminati  pebisnis online. Hal itu dikarenakan harganya tidak terlalu mahal dan bisa menjangkau tempat-tempat terpencil. Namun sebelum menggunakan Jasa Cargo Jakarta via jalur laut itu Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumennya. Lalu apa saja dokumen yang perlu dipersiapkan itu?.

Dokumen- Dokumen Untuk Pengiriman Barang Dari Jakarta Ke Padang

Di dalam kegiatan pengiriman barang antar pulau menggunakan jalur laut ada beberapa istilah dokumen yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Pasalnya dokumen-dokumen itu nantinya akan dijadikan sebagai syarat agar bisa mengirimkan paket. Adapun beberapa istilah dokumennya seperti berikut ini.

  1. Dokumen Shipping Instruction (SI)

Salah satu dokumen yang wajib dipersiapkan sebelum melakukan kegiatan pengiriman barang dari Jakarta ke Padang yaitu shipping instruction. Dokumen ini berisi tentang perjanjian antara pihak pertama dan kedua. Di mana yang dimaksud pihak pertama itu adalah seorang penjual. Sedangkan pihak kedua merupakan perusahaan pelayanan yang bertugas membawa barang kiriman tersebut. Dokumen ini nantinya akan diberikan oleh pihak kedua agar bisa melakukan pengangkutan muatan.

  1. Surat Dokumen Relase Order (RO)

Dokumen ini berisikan tentang surat perintah pelepasan aset kontainer dari pemilik barang itu. Sedangkan untuk bentuknya dokumen ini seperti sebuah permohonan penjemputan barang oleh pihak tertentu. Adapun isi dari Relase Order seperti berikut ini.

  • Nomor Seri Dari Relase Order.

 

  1. Surat Jalan Container

Sebelum dilakukan pengiriman barang umumnya penyedia jasa cargo akan memberikan surat jalan. Di mana tujuan dari diberikan surat jalan itu adalah sebagai bukti bahwa mobil yang membawa kontainer telah memperoleh izin berangkat menuju pelabuhan untuk selanjutnya melakukan proses boarding barang. Adapun poin-poin penting yang ada di dalam surat jalan ini seperti berikut.

  • Jumlah barang.
  • Tanda tangan penjual.
  • Jenis barang.
  • Petugas gudang.

 

  1. Dokumen Bill Of Lading

Bisa dibilang bahwa dokumen satu ini termasuk yang paling terpenting di antara semuanya. Pasalnya bill of lading berisi tentang Perjanjian pengangkutan muatan antara pengirim, pihak penerima dan jasa pelayaran. Sedangkan informasi yang ada di dalamnya harus dibuat sedetail mungkin terkait dengan barang yang hendak dikirim itu. Selain itu bill of lading juga termasuk dokumen kepemilikan pengambilan barang di pelabuhan tujuan pada saat kegiatan bongkar pasang muatan.

Kisaran Harga Pengiriman Barang Dari Jakarta ke Padang Menggunakan Jasa Cargo dengan Kapal

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa alasan mengapa masyarakat Indonesia yang tinggal di Jakarta lebih menyukai pengiriman barang ke Padang menggunakan jalur laut dikarenakan harganya yang murah. Padang sendiri merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Sumatera Barat dan menjadi pintu gerbang untuk wilayah barat Indonesia dengan samudra Hindia. Dikarenakan sebagian penduduknya lebih menyukai belanja online maka membuat jasa cargo sangat dibutuhkan untuk mengirimkan paket. Umumnya untuk tarif pengiriman paket gadget dari Jakarta ke Padang dibandrol mulai dari 3500 kilonya. Itu artinya jika barang memiliki berat 10 kg maka biaya ongkirnya sebesar 350.000. Namun jumlah itu belum termasuk biaya untuk pengemasan. Sedangkan untuk estimasi gadget yang telah dipesan sampai ke tempat tujuan membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 9 hari terhitung sejak kapal mulai berangkat.

Itulah beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan ketika hendak menggunakan Armada kapal untuk mengirimkan barang dari Jakarta ke Padang. Selain itu pastikan juga telah memilih jasa cargo yang berkualitas agar terhindar dari penipuan dan paket bisa sampai tujuan dengan cepat.