Bukan Hanya Sebagai Makanan Saja, Berikut Ini Manfaat Daun Bakung

Mei 6, 2022 0 Comments

 

Daun bakung merupakan tanaman yang dapat tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini mempunyai beberapa manfaat bagi Kesehatan tubuh kita. Daun bakung diketahui mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Daun ini mengandung antioksidan, mineral, vitamin, kalsium, protein, dan polifenol yang cukup tinggi. Daun ini memang tidak populer sebagai masakan sayur-sayuran, namun manfaatnya bisa digunakan sebagai obat tradisional.

 

Manfaat yang pertama adalah meningkatkan hemoglobin. Jika hemoglobin dalam tubuh Anda tinggi, maka oksigen dapat menyebar ke semua organ tubuh Anda dengan baik. Ini adalah salah satu cara untuk membuat tubuh Anda tetap bugar. Daun bakung bisa dimanfaatkan pula untuk mengobati jerawat yang meradang. Cukup tumbuk beberapa daun bakung lalu oleskan tumbukan tersebut ke daerah yang berjerawat. Jika dilakukan dengan rutin, maka jerawat akan sembuh dan tidak meninggalkan bekas. Selain itu, kulit akan lebih bersih dan segar.

 

Daun yang kaya akan vitamin A dan C ini juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Jika Anda bosan dengan wortel, maka Anda bisa menggunakan daun bakung sebagai pengganti asupan vitamin A. Daun bakung yang mengandunga antiseptik ini bisa digunakan untuk membersihkan luka dan obat kumur. Tumbuk daun bakung dan oleskan tumbukan tersebut ke area luka agar cepat kering dan bersih. Gunakan air rebusan daun bakung sebagai obat kumur agar kebersihan mulut dan gigi terjaga.