Cara Tahu TV Sudah Digital Atau Masih Analog

Mei 21, 2022 0 Comments

Terhitung tanggal 30 April 2022 nanti, pemerintah Indonesia melalui Kominfo akan memulai menghentikan siaran TV analog. Siaran TV analog ini nantinya akan diganti dengan siaran TV digital. Oleh karena itu, jika Anda yang televisinya masih analog harus memasang perangkat Set Top Box (STB), Hal ini dilakukan agar TV analog Anda dapat menangkap siaran TV digital.

Lantas bagaimana cara tahu tv sudah digital atau masih analog? Sebelum Anda mencari tahu hal tersebut, ketahui terlebih dahulu apa itu siaran TV digital dan kelebihannya. Siaran TV digital adalah siaran televise yang masih menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi. Sehingga kualitas gambar akan lebih bersih dan suara yang lebih jernih.

Setidaknya ada 4 keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda beralih dari siaran TV analog ke digital. Berikut ini penjelasannya:

  • Peningkaan kualitas gambar dan suara

Sinyal digital dipercaya dapat menjangkau wilayah yang lebih luas. Sehingga kualitas gambar dan suara siaran televise yang diterima di seluruh wilayah Indonesia tetap stabil. Bahkan, ketika sinyal digital dalam keadaan lemah, gambar yang tampil di layar akan tetap beresolusi tinggi.

  • Pilihan saluran yang lebih banyak

Beberapa saluran TV kini sudah sepenuhnya beralih ke digital. Sehingga saluran tersebut tidak akan bisa ditemukan jika Anda masih menggunakan siaran TV analog. Nah, dengan berpindah ke siaran TV digital, Anda dapat menemukan lebih banyak pilihan saluran

  • Bisa melihat jadwal siaran

Siaran TV digital sudah dilengkapi dengan fitur EPG. Dengan fitur EPG inilah Anda dapat melihat sederet informasi jadwal tayangan yang akan ditampilkan di setiap saluran TV.

  • Akses internet lebih cepat

Peralihan TV analog ke digital sebenarnya menjadi awal dari salah satu rencana penediaan internet cepat. Sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan berupa akses internet yang lebih cepat di rumah.

Sementara itu, dilansir dari Papuanews.id, terdapat 4 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek apakah televisi di rumah Anda sudah digital atau masih analog. Nah, berikut ini keempat caranya:

  • Cek stiker di belakang TV

cara tahu tv sudah digital atau masih analog yang pertama adalah dengan mengecek stiker pada bodi TV. Pada TV yang sudah mendukung siaran digital akan terdapat label maupun jack input built-in. biasanya stiker tersebut akan tertulis keterangan ASTC, HDTV, DTV, Digital Ready, HD Ready, Digital TTuner, Digital Tuner Built-In dan lain sebagainya.

 

  • Cek Spesifikasi TV

Jika Anda tidak menemukan stiker dengan keterangan untuk siaran digital, Anda bisa mencari tahu dengan cara mengecek spesifikasi TV. Untuk mengeceknya, Anda bisa memasukkan nomor model televise Anda di halaman resmi merek TV tersebut. Selain itu Anda juga bisa mencarinya di internet.

  • Cari saluran digital

Siaran digital biasanya memiliki sub-channel seperti channel A-1, dan channel A-2. Misalnya, TVRI memiliki beberapa sub channel seperti TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, serta TVRI Sport HD. Jika Anda menemukan sub-channel tersebut artinya televisi  yang Anda miliki sudah mendukung siaran digital.

 

  • Cek TV di Kominfo

Kominfo menyediakan laman khusu bagi Anda untuk memastikan apakah perangkat televise Anda sudah mendukung siaran digital atau belum. Caranya silahkan masuk ke website resmi Kominfo. Kemudian di kolom kategori, pilih opsi “Televisi. Lalu isi merek dan model sesuai dengan televisi Anda. Jika merek dan tipe TV Anda tertera, berarti TV Anda sudah menggunakan TV Digital.

Demikian beberapa cara mengecek TV Digital yang Papuanews berikan kepada Anda. Dengan menggunakan TV digital pada rumah Anda akan memberikan pengalaman baru yang mengasyikkan untuk Anda dan keluarga.