Mau Dapat Score Tinggi? Yuk Cari Tahu Cara Mudah Mengerjakan TOEFL Anti Gagal

Juli 4, 2022 0 Comments

Sertifikat TOEFL masjid salah satu dokumen yang diperlukan untuk berbagai kepentingan, seperti melamar pekerjaan dan mendaftar kuliah. Namun mendapatkan score yang tinggi bukan pekerjaan yang mudah. Diperlukan persiapan yang matang dan strategi yang kuat dalam menaklukkan soal. Lantas bagaimana cara mudah mengerjakan TOEFL? Yuk intip ulasannya!

Tips Agar Mudah Mengerjakan TOEFL

  1. Mengetahui Tipe Tes Yang Akan Diikuti

TOEFL memiliki tiga tipe tes yaitu PBT TOEFL, CBT, dan IBT. Anda harus tahu, test mana yang akan anda ambil. Dengan begitu, anda bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum hari H pelaksanaan tes TOEFL. Mengetahui tipe tes juga akan mempermudah anda saat mengambil paket latihan. Anda bisa belajar dengan lebih tepat sehingga tidak bingung saat tes.

Selian mengetahui tipe tes nya, anda uag harus tahu apa saja section atau bagian ujian yang akan dilalui. Informasi terkait dengan ini bisa anda telisik lebih dalam dari internet. Yang namanya tes TOEFL pasti ada bagian bagian mulai dari listening hingga grammar. Dengan mengetahui susunan soalnya, maka anda bisa memperkirakan kebutuhan waktu dengan baik.

  1. Menjadi Pencatat Yang Baik

Tips kedua yang  perlu anda lakukan adalah menjadi pencatat terabit dari informasi yang anda dengar, baca, maupun lihat. Hal ni penting, agar anda lebih mudah saat mengerjakan soal listening maupun reading. Hindari kebiasaan memutar ulang audio karena hal ini tidak akan bisa dilakukan ketika hari H. Anda harus bisa mensimulasikan kondisi latihan seperti saat tes.

Menjadi pencatat yang baik juga berlaku saat anda berlatih grammar. Anda wajib menuliskan rumus atau kosakata asing yang tidak pernah anda dengar. Hal tersebut menjadi bentuk latihan yang efektif dibandingkan jika anda hanya membaca teks book. Selingi kegiatan dengan melihat contoh penyelesaian soal agar anda tahu bagaimana cara menjawab dengan benar dan cepat.

  1. Mengikuti Tes Latihan

Mencari kumpulan soal untuk TOEFL bukan hal yang sulit. Ada banyak contoh soal yang bisa anda temukan di internet. Bahkan versi cetak seperti buku latihan soal bisa anda beli dengan mudah di toko buku. Harga yang ditawarkan juga beragam, sehingga anda bisa memilih yang sesuai kebutuhan dan budget yang ada.

Satu hal yang penting saat sedang berburu buku adalah carilah yang memberikan penjelasan detail di halaman kunci jawaban. Hal in penting agar and tahu mengapa jawaban tersebut benar dan mengapa jawaban yang lain salah. Percuma saja jika anda membeli buku yang kunci jawabannya hanya berupa abjad tanpa penjelasan apapun.

  1. Dengarkan Podcast Bahasa Inggris

Mendengarkan podcast merupakan cara belajar TOEFL yang perlu dilakukan jauh jauh hari sebelum hari H. Tentu podcast yang didengarkan harus menggunakan bahasa inggris. Cobalah untuk mengerti lebih banyak informasi dan catat apa saja yang penting. Jika sudah, utarakan cerita yang sama dengan bahasa inggris.

Teknik semacam itu akan membiasakan anda dari percakapan bahasa inggris sehingga mendukung kemampuan test listening. Anda tidak akan merasa canggung atau bingung saat mendengar percakapan dalam bahasa tersebut. Cara mudah mengerjakan TOEFL ini bisa berhasil jika anda melakukannya secara rutin dan penuh semangat.

Disamping tips yang telah diberikan tadi, anda bisa meminta bantuan lembaga kursus TOEFL agar mendapat pembelajaran yang lebih intensif. Saat ini anda tidak akan kesulitan untuk menemukan lembaga khusus untuk belajar TOEFL. Mereka juga memberikan fasilitas yang beragam, sehingga anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan diri.