Anda merasa jengkel dengan kemunculan Google Assistant secara tiba-tiba? Matikan fiturnya untuk menghindarinya. Nah, bagaimana cara menonaktifkan google assistant tersebut?

Menonaktifkan fitur ini bisa menjadi sebuah solusi bagi pengguna android. Ini biasanya ditempuh lantaran layanan tersebut menyala secara otomatis. Pada akhirnya, kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman di mata pengguna.

Jika Anda merasa kesal dan ingin mencegahnya, solusinya adalah menonaktifkan layanan. Dilansir dari https://efyei.com/, caranya sangat simpel. Di sini akan dijelaskan metodenya.

Apa Itu Google Assistant

Google assistant merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi disematkan langsung ke dalam perangkat smartphone.

Aplikasi berbentuk AI di mana pemanfaatannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Setidaknya, pengguna dapat memanfaatkannya sebagai teman bicara.

Ketika aplikasi ini terbuka, pengguna tinggal berbicara sesuatu. Nantinya, aplikasi akan segera memberikan jawaban secara langsung. Tepatnya, aplikasi akan mencarikan informasi yang dinilai sesuai bagi pengguna.

Kenapa Google Assistant Sering Muncul?

Pada dasarnya, Google assistant sudah dibenamkan ke ponsel secara otomatis. Ini menjadi layanan tambahan yang dinilai dapat membantu para pengguna ponsel.

Biasanya, aplikasi ini akan muncul otomatis ketika pengguna menekan tombol HOME di smartphone. Bahkan, aplikasi dapat muncul setelah pengguna tidak sengaja menekan tombol khusus yang didesain untuk memunculkannya.

Kemunculan aplikasi ini terkadang tidak diharapkan. Contohnya ketika tidak sengaja tersentuh, aplikasi dapat tampil meskipun dalam kantong saku.

Semakin menjengkelkan ketika pengguna sedang dalam pembicaraan dengan orang lain. Aplikasi ini dapat mengambil beberapa frase. Kemudian, aplikasi akan menanggapinya dengan mengirimkan jawabannya.

Atas dasar inilah, pengguna memutuskan untuk mematikan fitur tersebut. Beruntungnya, menonaktifkan layanan tersebut tidak sulit untuk dilakukan.

Cara Mematikan Google Assistant

Seperti dijelaskan sebelumnya, cara menonaktifkan google assistant tidaklah sulit dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti langkahnya di bawah ini.

Langkahnya diawali dengan membuka aplikasi tersebut. Caranya dengan menekan tombol Home di smartphone kesayangan.

Ketika sudah muncul dialog dari aplikasi, lanjutkan dengan Swipe-Up. Setelah itu, ketuk ikon tiga titik dan pilih opsi Settings.

Langkah selanjutnya adalah membuka opsi Assistant. Lanjutkan dengan mengetuk menu Phone. Maka, Anda akan dihadapkan pada halaman untuk proses penonaktifan layanan.

Di sini, Anda tinggal menggulir toggle pada opsi Google Asssistant. Posisikan ke mode Off. Maka, Anda sudah berhasil mematikan layanan tersebut.

Alternatif Menonaktifkan Google Assistant

Layanan ini sebenarnya menguntungkan bagi pengguna. Untuk itulah, mematikannya secara utuh bukanlah solusi yang terbaik. Sebagai gantinya, Anda cukup mematikan pop up dari layanannya.

Fungsinya supaya Anda masih bisa menggunakannya ketika dibutuhkan. Selain itu, Anda bisa meminimalkan ketidaksengajaan menekan tombol Home yang mengarahkan pada terbukanya layanan.

Bagi Anda yang menginginkannya, silahkan buka Settings pada ponsel. Lanjutkan dengan menekan menu Aplikasi. Kemudian, pilih Aplikasi Default.

Kemudian, ketuk Device Assistance app. Atau dari sebagian ponsel, Anda bisa memilih Asisten dan Input Suara.

Langkah terakhirnya adalah dengan membuka ikon rod gigi di dalamnya. Kemudian, pilih opsi selain Google Assistant.

Cara ini akan membatasi dari kemunculan layanan. Artinya, layanan tidak muncul setiap saat. Tetapi, baru muncul ketika pengguna sangat memerlukannya untuk melakukan pencarian dan lain sebagainya.

Itulah kurang lebih informasi mengenai cara menonaktifkan google assistant. Jika Anda merasa bahwa layanan ini tidak dibutuhkan, cukup nonaktifkan secara menyeluruh. Tetapi bila membutuhkannya sesekali, opsi terbaiknya adalah membatasi kemunculannya dengan metode yang dijelaskan di bagian terakhir.