Video Tidak Bisa Diputar di Android? Begini Cara Mengatasinya

Oktober 12, 2022 0 Comments

Saat ini, banyak sekali yang dapat dilakukan ponsel android, salah satunya adalah untuk memutar video. Ketika ingin memutar video namun tidak bisa, tentu hal itu akan sangat mengganggu. Jika mengalami hal tersebut, tidak perlu panik. Cobalah cara mengatasi video tidak bisa diputar di android berikut ini.

Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di Android dengan Mudah

Pastikan Kartu Sd Terpasang Dengan Baik

Cara pertama rekomendasi dari https://ilab.cc/, ketika video tidak bisa diputar adalah coba periksa kartu sd kamu. Kemungkinan video tidak bisa diputar adalah karena kartu sd di ponsel tidak terpasang dengan baik ataupun slot kartu sd terlalu longgar. Maka dari itu, sangatlah penting untuk memastikan bahwa kartu sd sudah terpasang di posisinya ketika video tiba-tiba tidak bisa diputar.

Restart Ponsel

Mungkin terdengar sepele, namun merestart ponsel dapat mengatasi banyak masalah kesalahan pada sistem di ponsel android, termasuk saat tidak bisa memutar video. Caranya adalah tekan dan tombol power, kemudian pilih opsi restart. Saat aktif kembali, kamu dapat memeriksa video tersebut apakah sudah bisa diputar atau tidak.

Unduh Ulang Video yang Tidak Bisa Diputar

Apabila video yang sedang ingin diputar adalah hasil unduhan dari internet, ada kemungkinan video rusak akibat beberapa faktor. Faktor yang biasa terjadi adalah koneksi buruk sehingga video rusak hingga mengganggu proses pengunduhan video tersebut. Jika hal ini terjadi, maka kamu perlu mengunduh ulang video tersebut dan pastikan koneksi internetmu lancer.

Scan Video

Jika kamu mengunduh video di situs tidak resmi, ada kemungkinan bahwa terdapat virus di file video tersebut sehingga tidak dapat dibuka. Jika benar, maka hal ini tentu berbahaya karena dapat merusak sistem pada ponsel android kamu. Untuk mengetahui apakah video yang kamu unduh aman adalah dengan cara scan menggunakan aplikasi antivirus yang dapat kamu unduh melalui PlayStore.

Ubah Format Video

Cara mengatasi video tidak bisa diputar di android selanjutnya adalah mengubah format video. Ada beberapa format video yang tidak didukung oleh ponsel android sehingga video tidak dapat dibuka. Jika video tidak bisa diputar, periksa kembali apakah formatnya didukung oleh ponselmu atau tidak. Jika tidak, kamu dapat mengubah format video tersebut menggunakan aplikasi video converter yang banyak tersedia di Play Store.

Bersihkan Cache Galeri

Data cache merupakan data sementara yang disimpan oleh setiap aplikasi di ponsel. Data cache ini jika dibiarkan terlalu banyak hingga menumpuk akan merugikan karena dapat membuat aplikasi tersebut lemot ataupun error dan tidak dapat dibuka. Maka dari itu, kamu perlu untuk membersihkan cache aplikasi secara rutin. Kamu cukup membuka pengaturan, pilih aplikasi yang tidak bisa dibuka, lalu klik hapus cache.

Gunakan Aplikasi Pemutar Video

Jika cara-cara di atas masih tidak berhasil, mungkin aplikasi pemutar video bawaan di ponselmu sedang bermasalah atau bahkan tidak berfungsi. Jika hal ini terjadi, kamu memerlukan aplikasi pemutar video selain aplikasi bawaan. Ada banyak pilihan aplikasi pemutar video gratis dengan berbagai fitur yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu di PlayStore.

Itu dia beberapa cara mengatasi video tidak bisa diputar di android. Ada banyak faktor yang membuat video tidak dapat diputar di android seperti file yang rusak, format tidak didukung, adanya virus di video tersebut, dan lain sebagainya. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba cara-cara yang telah disebutkan di atas.