Jangan Panik, Yuk Intip Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Di Sini

Juni 20, 2022 0 Comments

Perut kembung bisa dialami oleh siapa saja dan termasuk gangguan yang wajar. Bahkan bayipun bisa mengalaminya, dan termasuk penyebab bayi menjadi rewel. Rasa yang tidak nyaman ini akan muncul, sehingga orang tua harus tahu cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan benar dan jangan langsung panik.

Langkah Menangani Bayi yang Alami Perut Kembung

  1. Buat Bayi Bersendawa

Rasa nyaman pada perut kembung bisa diringankan dengan bersendawa. Sehingga bayi perlu untuk bersendawa ketika menyusui atau setelah menyusui. Anda bisa membantunya dengan membaringkan posisinya terlentang sampai bersendawa beberapa kali. Langkah ini juga membantu mengurangi risiko kembung.

  1. Periksa Posisi Menyusui

Agar bayi tidak mudah kembung, ketika menyusui pastikan menempatkan kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Dengan begitu akan membuat susu langsung turun ke dasar perut dan udara bisa naik. Bayi juga akan lebih mudah untuk bersendawa dengan posisi ini. Anda juga bisa menggunakan bantal khusus menyusui.

  1. Memberikan Pijatan Lembut

Anda juga bisa memberikan pijatan lembut para perut si kecil untuk mengurangi kembungnya. langkah ini membantu agar perut menjadi lebih nyaman. Anda bisa menggerakkan kaki bayi ke depan dan belakang seperti ketika mengayuh sepeda dengan posisi telentang.

Ada banyak penyebab bayi mengalami kembung, sehingga selain melakukan cara mengatasinya anda juga harus meminimalisir penyebabnya. Rasa yang tidak nyaman karena perut kembung pasti akan membuat si kecil tidak nyaman. Dan pastikan anda tidak panik ketika si kecil kembung.