Praktis! Yuk Ikuti Cara Membersihkan Kaca Aquarium yang Buram

Juli 7, 2022 0 Comments

Bagi anda pecinta hewan peliharaan ikan, kaca aquarium yang tampak kurang kinclong akan membuat kesal. Apalagi, keadaan kaca aquarium yang semakin tampak buram, seolah membuat frustasi. Sebenarnya, aquarium tidak harus dibuat baru agar terus menarik. Ada 5 cara membersihkan kaca aquarium yang buram dan pasti manjur.

Penyebab Aquarium Buram

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan akuarium jadi buram, antara lain seperti, sisa pakan yang tidak habis. Sisa pakan ini lalu mencemarkan air, kualitas air yang ada dalam aquarium yang menyebabkan kaca jadi buram. Selain itu, sisa pakan juga akan memperburuk kualitas air yang juga buruk menjadi penyebab kaca menjadi buram.

Penyebab lainnya yaitu kotoran ikan. Terlalu banyak kotoran ikan mengakibatkan air keruh dan bau. Air yang keruh berdampak pada kualitas kebeningan kaca. Disamping itu, penyebab selanjutnya adalah bangkai penghuni akuarium yang tidak dikeluarkan atau tanaman mati yang pada akhirnya busuk di dalam akuarium.

Cara Membersihkan yang Praktis

Menggunakan Odol atau Sabun

Pertama, cara membersihkan kaca aquarium yang buram paling mudah juga terjangkau yakni dengan memakai pasta gigi atau sabun. Meskipun biasa dipakai sebagai pembersih gigi, ternyata pasta gigi cukup efektif dipakai untuk membersihkan kaca aquarium yang buram. Selain itu, anda juga bisa menggunakan sabun cuci tangan sebagai opsi lain.

Hal yang perlu dilakukan dalam cara membersihkan kaca aquarium yaitu membilas seluruh bagian aquarium memakai air. dilanjutkan dengan mengoles pasta gigi atau sabun ke seluruh area kaca aquarium. Gosok-gosok secara merata hingga kotoran hilang. Setelah kotoran hilang, anda bilas kembali dengan air untuk menghilangkan sisa kotoran di bagian kaca aquarium.

Memelihara Ikan Sapu-Sapu

Bagi anda yang tidak punya banyak waktu, ada jenis ikan yang ampuh untuk menjaga kebersihan aquarium. Ikan sapu-sapu sering dimanfaatkan untuk pembersihan kaca aquarium, terutama bagian dalam. Dengan badannya yang lengket pada dinding, hewan yang termasuk jenis ikan hias air tawar itu ampuh membersihkan aquarium.

Pembersih dengan Magnet

Magnet pembersih kaca adalah barang yang cukup berguna untuk anda penggemar aquarium. Cara kerja alat ini cukup efektif untuk membersihkan kaca aquarium. Dikarena ada sikat pada satu sisi dan magnet di sisi lainnya. Membuat  anda bisa membersihkan kaca aquarium tanpa harus memasukkan tangan ke air.

Air Hangat dan Cuka

Di samping ampuh untuk pembersih marmer, keramik, ataupun granit, cuka juga dapat dipakai sebagai cara pembersihan aquarium yang sudah buram. Caranya, anda tinggal mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1 banding 4  ke dalam botol semprot.  Lalu, semprotkan cairan cuka itu ke area permukaan kaca aquarium yang buram.

Cairan Pembersih Khusus untuk Kaca Aquarium

Cara membersihkan kaca aquarium yang ini termasuk yang paling ampuh dan efektif, yaitu dengan memakai cairan pembersih khusus kaca aquarium. Cairan pembersih aquarium itu biasanya sudah diformulasi sedemikian rupa agar, dapat dijadikan cara membersihkan kaca aquarium buram dengan lebih terjamin.

Umumnya, produk pembersih aquarium ini terdapat di toko perlengkapan ikan hias dan tersedia berbagai merek juga jenis. Cairan ini bisa digunakan pada area dalam maupun luar aquarium. Cara membersihkan kaca aquarium pun jadi sangat mudah, yaitu dengan menyemprotkan cairan khusus itu ke area aquarium yang buram.

Bagi anda penggemar ikah hias yang risau dengan kaca aquarium buram, tenang tidak perlu langsung mengganti kacanya. Ada beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk pembersihan kaca aquarium. Cara itu juga mudah untuk dilakukan di rumah, dan tidak memakan terlalu banyak biaya.