3 Cara Membersihkan Bulu Kucing Di Rumah Terbukti Manjur Dan Cepat

Agustus 8, 2022 0 Comments

Memang benar memelihara kucing di rumah termasuk kegiatan yang menyenangkan. Hal itu lantaran tingkah lucu dari hewan tersebut bisa membuat para penghuninya tertawa. Namun di antara kelebihannya itu ada juga beberapa kerugian yang mau tidak mau harus dihadapi. Salah satunya yaitu bulunya menempel di mana-mana. Lantas bagaimana cara untuk membersihkannya?.

Cara Membersihkan Bulu Kucing Di Rumah Tanpa Biaya Mahal

Pastinya bulu kucing yang telah menempel baik di sofa maupun karpet pada rumah sederhana akan sulit untuk dibersihkan. Ditambah lagi jika menempelnya pada permukaan kain yang mudah merekat. Daripada bingung bagaimana cara untuk membersihkannya langsung saja simak beberapa tips berikut ini.

  1. Menggunakan Sikat Halus

cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan bulu kucing yaitu menggunakan sikat halus. Umumnya bulu dari hewan yang menggemaskan itu akan sulit dibersihkan ketika menempel di permukaan rekat seperti sofa dan karpet. Hal itu dikarenakan jenis permukaan tersebut memiliki celah yang dapat menahan bulu sehingga membuatnya sulit terangkat. Oleh karena itu harus menghindari menggunakan sikat kasar. Pasalnya hal itu bisa mendorong bulu semakin ke dalam. Dalam hal ini sebaiknya gunakan saja sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk membersihkannya.

  1. Memanfaatkan Selotip Lebar

Ketika di rumah tidak mempunyai lint roller untuk membersihkan bulu kucing bisa dengan memanfaatkan selotip lebar. Di samping itu cara pengaplikasiannya juga sangat mudah yakin Anda cukup merobek selotip itu sekitar 10 hingga 15 cm. Setelah itu tempelkan bagian lengketnya pada permukaan yang terkena bulu kucing. Terakhir angkat lakban itu dan ulangi kegiatan tersebut beberapa kali hingga semua bulu bisa musnah.

  1. Memanfaatkan Sarung Tangan

Cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk membersihkan bulu kucing di rumah yaitu dengan memanfaatkan sarung tangan karet. Dapat dikatakan bahwa alat ini terbukti ampuh untuk membersihkan bulu hewan peliharaan. Hal itu dikarenakan jika bergesekan dengan permukaan kasar sifat lengket tersebut akan berubah menjadi statistik. Dengan begitu nantinya bulu kucing akan menempel secara sendiri tanpa perlu mengambil satu-satu. Selain itu untuk mendapatkan sarung tangan juga cukup mudah bisa membeli langsung di supermarket terdekat.

Bahaya Bulu Kucing Yang Perlu Diketahui

Bagi Anda para pencinta hewan peliharaan menggemaskan satu ini perlu diketahui bahwa bulunya penting untuk diwaspadai. Pasalnya bulu kucing dapat mengandung bakteri dan parasit yang bisa menimbulkan terjadinya berbagai macam penyakit. Namun bukan hanya itu saja masih banyak bahaya lainnya seperti berikut ini.

  1. Reaksi alergi

Seringkali bulu kucing terpapar oleh air ludah dan kotoran sendiri sehingga ketika seseorang yang memiliki riwayat alergi bisa mengalami reaksi seperti gatal-gatal, ruam dan bentol di kulit. Namun faktanya bukan hanya itu saja reaksinya juga bisa muncul seperti pilek, mesin dan mata gatal karena iritasi.

  1. Kurap

Kurap sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita pada kulit. Di mana penyakit itu bisa ditularkan dari hewan ke manusia salah satunya yaitu kucing. Kucing sendiri termasuk hewan yang sering terinfeksi kurap. Hal itu dikarenakan bulunya sering basah dan jarang dibersihkan. Adapun ciri kucing terkena kurap seperti temukan area melingkar yang berkerak dan bulunya rontok.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan bulu kucing di rumah. Tentunya rumah yang bersih dan terhindar dari bulu kucing bisa membuat para penghuninya nyaman dan betah berlama-lama di dalamnya.