Cek dan Praktekkan, Cara Membagi Satu Kertas Menjadi Dua Halaman di Microsoft Excel

Mei 6, 2022 0 Comments

Dalam hal pengolahan data, Microsoft Excel menjadi pilihan sebagian orang untuk hasil cepat, mudah dan akurat. Ada banyak fitur di sana yang tak semua pengguna mengetahuinya. Salah satunya cara membagi satu kertas menjadi dua halaman di Microsoft Excel.

Jika kamu telah lama berkecimpung di olah data menggunakan program ini tentu sangat mudah melakukannya. Tak perlu khawatir, jika masih merasa awam dengan beragam fitur dalam Excel dan membagi kertas ini, dapat kamu lakukan dengan mempelajarinya secara cepat.

Cara Membagi Satu Kertas Menjadi Dua Halaman di Microsoft Excel

Excel memiliki banyak manfaat dalam hal pekerjaan. Ketika banyak data yang harus diinput dan perlu dianalisa, program ini akan menyelesaikannya dengan cepat. Hanya dengan input data kemudian memberikan formula yang dibutuhkan analisa data selesai. Adapun kelebihannya adalah:

  1. Dapat Mengolah Data

Excel tidak membutuhkan hitungan manual yang lama dan belum tentu benar. Jika data telah dimasukkan ke program tersebut maka tinggal pilih apa yang dibutuhkan. Rerata, nilai data tertinggi, nilai data terendah atau jumlah total dan hal lain yang dapat dilihat dengan mudah.

  1. Mudah Dipahami

Cara membagi satu kertas menjadi dua halaman di Microsoft Excel tak rumit termasuk formulanya dibandingkan aplikasi hitung data lainnya. Dalam sekali lihat saja akan mampu memahami isi data tersebut. Ini sangat memudahkan pengguna.

  1. Didukung Pihak Ketiga

Bukan hanya di laptop saja, Excel dapat kamu buka melalui smartphone lain. Ketika tak memungkinkan menggunakan laptop, HP atau perangkat lain dapat digunakan untuk program ini.

  1. Integrasi Mudah

Menjadi bagian dari Microsoft Office, Excel lebih mudah dugunakan dalam penambahan apapun. Dengan begitu baik itu Word atau Powerpoint akan lebih mudah dintegrasikan dengan Excel.

Keunggulannya begitu banyak tak heran Excel ini banyak digunakan dalam manajemen data. Selain itu Excel juga strategis dalam banyak hal termasuk membagi halaman.

Bukan hanya Microsoft Word yang dapat membagi satu kertas menjadi dua halaman, tapi di Excel hal ini juga dapat dilakukan. Biasanya hal ini dilakukan supaya tidak berkali-kali membuka dan menutup sheet di dua halaman tersebut. Cara yang dapat dilakukan untuk mempermudahnya adalah:

  • Pilih Menu

Menu dapat dipilih dalam page layout, yang merupakan bagian atas dari sheet. Kemudian dapat dipilih dialog menu page set up. Dengan klik tombol tersebut dapat dipilih tab margin. Selanjutnya pilih menu bagian orientasi dan dapat langsung akses ke menu page.

  • Membagi Menjadi Dua Halaman

Setelah itu pada pages akan dapat mengisi multiple pages dan segera pilih dua page per sheet. Jangan lupa klik ok dan proses akan segera berlangsung.

Dari sini layar akan berubah yang tadinya hanya satu halaman menjadi dua halaman sekaligus. Selain itu jika kamu ingin mencetaknya dapat pula dilakukan. Cara cetak Microsoft Excel tak jauh berbeda dengan Word, caranya yaitu:

  • Buka lembar Excel kemudian klik sel dalam tabel yang berguna untuk mengaktifkan tabel tersebut.
  • Lanjutkan dengan klik file dan cetak dan perhatikan di bawah pengaturan untuk klik panah. Pilih cetak lembar aktif dan selanjutnya cetak tabel yang telah dipilih.
  • Dengan begitu hasil tabel yang dibuat pada Excel dapat dicetak dengan cara mudah.

Berbagai informasi tersebut seperti dikutip dari situs rekomendasi komputizen.com dan lengkap dapat mengunjungi webnya langsung. Berbagai hal tentang Excel memang penting untuk analisa data yang akurat dan hasil optimal.