Makanan Asli Indonesia, Yuk Intip Cara Buat Dodol Disini

Desember 7, 2022 0 Comments

Dodol adalah salah satu jajanan khas Indonesia yang banyak orang menyukainya hingga saat ini. Bahkan tidak jarang makanan ini sering dijadikan sebagai buah tangan atau oleh oleh khas bila bepergian. Berikut adalah sekilas ulasan tentang dodol dan cara buat dodol yang bisa anda lakukan dirumah. Yuk lihat bagaimana prosesnya.

Resep Dodol Durian Khas Lampung

  1. Bahan yang dibutuhkan

Salah satu jenis dodol yang paling terkenal di Indonesia adalah dodol durian yang merupakan jajanan khas Lampung. Jajanan satu ini sering kali dijadikan sebagai buah tangan bila berkunjung ke Lampung. Kalau anda salah satu penggenar dodol durian satu ini, bisa juga lho membuatnya sendiri di rumah dengan langkah yang mudah.

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan bahan membuat dodol durian. Beberapa bahan yang harus disiapkan adalah seperti 4 hingga 5 kg durian matang. Jang lupa pisahkan daging durian dengan bijinya. Bahan lainnya adalah seperti 1 sendok teh garam dan juga 1 kg gula pasir. Bahan tersebut mudah dan tidak membutuhkan jumlah yang banyak.

  1. Cara membuat dodol durian

Setelah menyiapkan bahan membuat dodol durian, maka langkah selanjutnya adalah proses membuatnya. Langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan kuali yang akan dipanaskan diatas tungku. Setelah itu, anda bisa langsung memasukkan bahan bahan yang sudah disiapkan yaitu gula pasir, durian, garam tersebut ke dalam kuali.

Langkah selanjutnya cara buat dodol adalah dengan memanaskan tungku dengan api kecil atau yang sedang. Setelah itu, anda bisa mulai mengaduknya tanpa jeda hingga 3 sampi 4 jam. Kunci dodol yang sempurna adalah proses mengaduknya. Pastikan adonan tersebut sudah matang kemudian dodol siap untuk disajikan atau untuk dimasukkan dalam kemasan.

Resep Dodol Khas Garut

  1. Bahan yang dibutuhkan

Jenis dodol berikutnya yang juga banyak dikenal di Indonesia adalah dodol khas Garut. Dodol jenis ini memang cenderung lebih sederhana dan lebih mudah proses membuatnya. Tidak hanya bisa membelinya, namun anda juga bisa membuatnya dirumah. Proses pembuatannya yang mudah bisa menjadi peluang bisnis tersendiri untuk anda.

Tahap pertama adalah dengan menyiapkan bahan bahan membuat dodol Garut dahulu. Bahan tersebut adalah seperti 1 kg tepung beras ketan, 2 sendok makan santan cair, 2 kg gula merah yang diiris halus, 2 ons gula, santan kental secukupnya, dan jangan lupa Garam dan minyak goreng yang secukupnya.

  1. Cara membuat dodol Garut

Langkah pertama yang dilakukan untuk membuat dodol Garut adalah dengan menampurkan bahan tepung beras ketan, santan cair, irisan gula merah, dan sedikit saja garam. Kemudian adonan tersebut bisa mulai anda rebus hingga mengental. Jangan lupa untuk memasukkan santan kental dan juga gula pasir ke dalamnya.

Cara buat dodol berikutnya dengan masak hingga 3 sampai 5 jam agar adonan dodol bisa sempurna dan jangan lupa diaduk. Setelah sekitar 5 jam proses pengadukan, maka adonan dodol akan siap untuk dihidangkan. Tuang adonan dodol ke tas wadah yang besar dan sudah diberi kertas minyak. Olesi adonan dengan minyak goreng, dan tunggu dingin untuk disajikan.

Setelah cukup dingin, anda membentuk adonan dodol tersebut menjadi bentuk yang anda sukai. Membentuk adonan dodol ini akan memudahkan anda untuk melakukan pengemasan bila ingin jajanan ini dijual. Anda bisa memperhatikan jenis kemasan dodol yang digunakan agar lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Resep Dodol Khas Betawi

  1. Bahan yang dibutuhkan

Satu lagi jenis dodol yang bisa anda buat dirumah. Dodol khas Betawi ini juga menjadi salah satu ciri khas oleh oleh atau jajanan yang banyak diburu oleh turis bila berkunjung ke Jakarta. Walaupun anda bisa mendapatkanya di banyak toko mesin oleh oleh di Jakarta, anda juga bisa lho membuatnya sendiri dirumah dan mencobanya.

Langkah pertama adalah dengan menyiapkna bahan bahan yang akan dibutuhkan. Bahan bahan tersebut antara lain adalah seperti 1 kg beras ketan, 700 gram gula merah,  700 gram gula pasir, 4 liter santan dan juga 4 lembar daun pandan. Setelah bahan bahan tersebut siap, maka langkah berikutnya adalah proses membuat dodol khas Betawi.

  1. Cara membuat dodol Betawi

Langkah pertama cara buat dodol khas Betawi adalah dengan menyiapkan panci kemudian masukkan bahan bahan yang sudah disediakan seperti gula pasir, gula merah, santan, dan daun pandan. Rebus semua baha tersebut hingga semuanya larut dan juga sampai mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduk adonan dan jangan sampai santan tersebut pecah.

Setelah beberapa saat adonan matang, maka anda bisa mulai menyaringnya. Proses tidak berhenti sampai disini, namun anda bisa memasaknya kembali dengan api yang kecil bersama dengan tepung beras ketan. Aduk lagi adonan hingga matang dan mengental namun jangan sampai menempel di wajan atau panci yang anda gunakan.

Proses membuat dodol akhirnya sudah selesai. Anda bisa menuangkan dodol tersebut ke dalam wadah yang lebih besar. Tunggu adonan hingga dingin terlebih dahulu baru kemudian anda bisa mengemasnya menjadi bentuk yang lebih kecil dan mudah dimakan. Anda juga bisa mulai melakukan pengemasan dodol yang akan anda bis ajual kembali.

Resep Dodol Khas Ambon

  1. Bahan yang dibutuhkan

Satu lagi jajanan dodol yang juga banyak diminati di Indonesia. Dodol khas Ambon adalah salah satu jajanan khas Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Dodol khas Ambon ini memang mempunyai beberapa bahan yang berbeda yang akan digunakan di dalamnya. Bila anda ingin mencoba membuatnya, maka anda bisa mencobanya praktis dirumah.

Bahan bahan yang dibutuhkan cara buat dodol antara lain adalah seperti meyiapkan sekitar 250 gram tepung terigu, 250 ml air, 150 gram gula merah yang dihaluskan, 8 hingga 10 biji kapulaga yang dihaluskan, 2 lembar daun pandan dan 3 sendok makan mentega. Bahan bahan tersebut memang agak sedikit berebda yaa dengan resep dodol umumnya, namun tetap enak.

  1. Cara membuat dodol Ambon

Setelah bahan bahan sudah disiapkan, maka anda bisa mulai melakukan proses pembuatannya. Langkah pertama adalah menyiapkan panci dan tuangkan air kedalamnya. Langkah berikutnya adalah mulai amsukkan bahan bahan yang sudah disiapkan sebelumnya yaitu kapulaga, kayu manis, gula merah, daun pandan, dan juga garam.

Proses kemudian dilanjutkan dengan merebus bahan bahan tersebut sampai mendidih, yaitu antara 3 hingga 5 menit. Setelah mendidih jangan lupa masukkan mentega kemudian aduk adonan tersebut hingga mentega tersebut mencair. Setelah itu, anda bisa matikan apinya dan tunggu adonan hingga dingin.

Lanjut dengan saring air adonan tersebut dan perlahan campurkan dengan bahan tepung terigu. Aduk adonan dodol tersebut hingga rata. Langkah berikutnya adalah dengan menyiapkan panci yang baru dan tuang adonan yang baru ke dalamnya. Masak adonan tersebut dengan menggunakan api yang kecil.

Cara buat dodol adalah dengan aduk adonan tanpa henti agar tidak gosong dan tekstur mengental. Anda bisa menggunakan sendok dengan bahan kayu untuk mengaduk adonan. Sembari mengaduk, anda bisa membentuk adonan seperti gunung dan membuat sedikit lubang pada bagian puncaknya. Taung mentega cair ke dalamnya dan dodol siap disajikan.

Resep Dodol Kandangan Khas Kalimantan Selatan

  1. Bahan yang dibutuhkan

Dodol Kandangan yang berasal dari kalimantan Selatan juga wajib anda coba karena mempunyai citarasa yang khas. Dodol yang menjadi langganan turis untuk oleh oleh ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan ini punya cita ras ayang lezat dan unik. Bila anda ingin membuat dodol jenis ini, maka berikut adalah bahan bahan yang harus disiapkan.

Bahan bahan tersebut antara lain adalah seperti 250 gram tepung ketan, 250 gram tepung beras, 450 gram gula merah yang sudah dihaluskan, 500 ml santan kental dan santan cair, ¼ sendok teh garam, 1 lembar daun pandan yang sudah dipotong atau disobek, dan yang terakhir adalah daun pisang secukupnya.

  1. Cara membuat dodol Kandangan

Setelah menyiapkan berbagai macam bahan tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencampurkan semua bahan tersebut ke dalam satu kuali yang berukuran cukup besar. Masak bahan bahan tersebut dengan menggunakan api yang sedang. Masak bahan tersebut hingga menjadi adonan dengan terus mengaduknya tanpa henti.

Jangan sampai berhenti mengaduk karena akan beresiko adonan menjadi gosong di bagian bawahnya. Cara buat dodol dengan terus masak adonan tersebut hingga mengental dengan waktu sekitar 4 jam. Bila adonan dodol sudah berwarna cokelat tua, tekstur lebih pekat dan sedikit mengkilat, maka hal itu bisa jadi pertanda bahwa dodol yang anda buat sudah matang.

Setelah adonan tersebut matang, maka anda bisa langsung mengangkatnya dari panci kemudian didinginkan. Setelah adonan dodol dingin, maka anda bisa mulai memotong adonan sesuai selera. Atau bila ingin dijual dan dijadikan peluang bisnis, maka anda bisa mengemas dodol dengan kemasan yang lebih kecil yang praktis dijual.

Resep Dodol Nanas

  1. Bahan yang dibutuhkan

Selain dodol durian, satu lagi varian dodol yang menjadi favorit banyak orang yaitu dodol rasa nanas. Cara membuat dodol satu ini juga ternyata sangat mudah dengan bahan yang ada disekitar anda. Beberapa bahan yang akan digunakan adalah buah nanas. Namun buah nanas ini harus anda pilih yang matang dan siap diolah.

Bahan bahan lainnya adalah seperti tepung beras ketan, santan kelapa dan gula pasir. Untuk takaran penggunaan bahannya, maka anda bisa menggunakan takaran satu kilo nanas akan menggunakan sebutir kelapa untuk santannya dan bisa lebih banyak sesuai dengan kebutuhan. Rasa manisnya juga bisa anda sesuaikan dengan selera anda masing masing.

  1. Cara membuat dodol Nanas

Cara buat dodol pertama, hancurkan atau haluskan nanas dengan cara diblender atau diparut. Setelah itu, campurkan nanas tersebut dengan santan kental sesuai takaran, tepung beras ketan dan gula pasir. Tahap selanjutnya adalah memasaknya hingga adonan menjadi kering. Jangan berhenti mengaduk adonan. Setelah matang anda bisa sajikan atau dikemas.

Itulah sekilas tentang jajanan khas Indonesia, dodol yang bisa anda ketahui. Banyak sekali jenis makanan khas Indonesia yang tidak hanya favorit di dalam negeri namun juga terkenal hingga luar negeri. Salah satunya adalah dodol yang menjadi langganan oleh oleh atau buah tangan bila anda bepergian ke suatu tempat.